PEMBIASAAN SALAT DUHA BERJAMAAH SEJAK DINI - SD Negeri 2 Truwolu

Terbaru

Kamis, 23 Maret 2023

PEMBIASAAN SALAT DUHA BERJAMAAH SEJAK DINI

PEMBIASAAN SALAT DUHA BERJAMAAH SEJAK DINI

Gambar: Kepala sekolah SDN 2 Truwolu turut serta salat duha berjamaah.

Setiap hari Jum’at, semua siswa SD Negeri 2 Truwolu melaksanakan kegiatan pembiasaan salat duha berjamaah. Salat yang dilaksanakan pada pagi hari sebelum dimulainya pembelajaran ternyata sangat bermakna. Salat duha merupakan salat sunah yang dilakukan seorang muslim ketika waktu duha telah tiba. Dimana waktu duha dimulai ketika matahari mulai naik kurang lebih tujuh hasta sejak terbitnya hingga waktu zuhur. Adapun jumlah rakaat salat duha adalah 2, 4, 6, 8, dan maksimal 12 rakaat. Namun, untuk pelaksanaan salat duha di halaman SD Negeri 2 Truwolu dilaksanakan sebanyak empat rakaat.
Gambar: Foto pelaksanaan salat duha.

Jamaah salat duha tak hanya dari SDN 2 Truwolu saja, tetapi SDN 1 Truwolu juga menyatu dan tergabung jadi satu untuk melaksanakan salat duha tersebut. Bahkan, tak hanya muidnya saja. Semua guru dan tenaga kependidikan juga ikut dalam kegiatan tersebut.
Gambar: Pasca salat duha, melaksanakan dzikir bersama.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan salat duha berjamaah adalah untuk menanamkan sikap religius bagi siswa. Selain itu, agar siswa mempunyai bekal untuk terus membiasakan kebiasaan baik ini setelah lulus dari SD nantinya. Memang tak mudah, namun jika sudah menjadi kebiasaan tentunya akan menjadi bekal yang baik bagi anak-anak nantinya.

Semoga tujuan dari dilaksanakannya salat duha tersebut benar-benar membekas dan menjadi pembiasaan baik dikemudian hari. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar